Amankah Penggunaan Antasida untuk Pengobatan Asam Lambung (Magg/Gastritis) Jangka Panjang?

Gastritis adalah peradangan, iritasi, atau erosi pada lapisan lambung, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor pemicu seperti bakteri H.Pylori, peningkatan asam lambung akibat faktor seperti stress, perubahan pola makan, hingga pengaruh efek obat atau penyakit penyerta.

Antasida merupakan salah satu obat yang seringkali digunakan oleh masyarakat untuk mengatasi keluhan akibat peningkatan asam lambung. Antasida memiliki beragam komposisi yang berbeda antara satu merk dengan merk yang lain, seperti:

1. aluminium hidroksida

2. magnesium karbonat

3. magnesium trisilikat

4. magnesium hidroksida

5. kalsium karbonat

6. natrium bikarbonat

Beberapa antasida juga mengandung beberapa komposisi obat-obatan lain, seperti alginat (yang berfungsi melapisi lapisan saluran cerna) dan simetikon (yang mengurangi gas dalam perut).

Antasida umumnya digunakan untuk pengobatan jangka pendek dalam mengobati masalah asam lambung. Adapun dosis yang disarankan umumnya 3×1 tablet sebelum makan (jika diperlukan). Namun dosis antasida (antacid) berbeda pada tiap orang, disesuaikan dengan kondisi dan umur pasien.  Antasida tersedia dalam bentuk suspensi dimana cara penggunaannya menggunakan sendok takar sesuai dosis yang disarankan, serta tablet dan kaplet kunyah. Untuk antasida bentuk tablet dan kaplet kunyah, konsumsi obat dengan mengunyahnya terlebih dahulu sebelum ditelan.

 

Lalu Amankah Penggunaan Antasida Jangka Panjang untuk Mengatasi Kondisi Peningkatan Asam Lambung?

Penggunaan antasida harian untuk penggunaan jangka pendek aman. Tetapi, jika Anda menggunakan antasid setiap hari untuk jangka waktu yang lama, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Asam lambung dalam kadar yang normal digunakan oleh tubuh untuk membantu pencernaan dan membunuh bakteri yang masuk bersama makanan. Terlalu banyak asam lambung bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang salah, dan sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan laboratorium hingga endoskopi.

Efek merugikan dari penggunaan antasida jangka panjang adalah berkurangnya asam lambung pasien, sehingga dapat menurunkan efek pembunuhan bakteri berbahaya pada makanan yang masuk, meningkatkan resiko pertumbuhan bakteri yang berlebihan seperti Clostridium difficile dan juga menurunkan penyerapan kalsium yang dapat menyebabkan osteoporosis.

 

Amankah Penggunaan Antasida bersamaan dengan Obat-Obatan Lainnya ?

Sebaiknya hindari menkonsumsi antasida bersama dengan obat-obatan lainnya karena dapat berakibat interaksi dengan menurunkan beberapa efek obat seperti tetrasiklin, penisilin, sulfanomida, digoxin, indometacin, naproxen, phenylbutazone, dan quinidine. Namun antasida juga dapat meningkatkan penyerapan vitamin C.

 

Efek Samping Antasida

1. diare atau sembelit

2. perut kembung

3. keram perut

4. mual atau muntah

Konsultasikan dengan apoteker atau dokter jika anda merasakan gejala tersebut.

 

Kondisi yang Memerlukan Perhatian saat Mengkonsumsi Antasida

1. Sedang hamil atau menyusui – sebagian besar antasida dianggap aman untuk dikonsumsi saat hamil atau menyusui, tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

2. Anak di bawah 12 tahun – beberapa jenis antasida tidak dianjurkan untuk anak-anak.

3. Penyakit hati, penyakit ginjal atau gagal jantung – beberapa antasid mungkin berpotensi tidak aman digunakan jika Anda memiliki kondisi tersebut. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

4. Diet garam (natrium), seperti kondisi tekanan darah tinggi atau sirosis (jaringan parut hati) – beberapa antasida mengandung kadar natrium yang tinggi, yang merupakan kontraindikasi kondisi tersebut.

5. Menggunakan obat lain – antasida dapat mengganggu obat lain dan mungkin perlu dihindari atau dikonsumsi pada waktu yang berbeda

Pustaka:

Lee EL, Feldman M. Gastritis and gastropathies. In: Feldman M, Friedman LS, Brandt LJ, eds. Sleisenger and Fordtran’s Gastrointestinal and Liver Disease. 9th ed. Philadelphia, Pa: Saunders Elsevier; 2010:chap 51.

NHS.2018. Antacids. https://www.nhs.uk/conditions/antacids/. Diakses pada 21 Januari 2018.

kamelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *